4 Tips Memilih Aplikasi Point Of Sales Terbaik. Sederhana Tapi Harus Teliti!

  • 2 min read
  • Jan 07, 2021
Aplikasi Point Of Sales Terbaik

Saat ini memang telah banyak sekali aplikasi point of sales yang hadir di internet dan pasaran. Nah, untuk bisa mendapatkan aplikasi POS terbaik, maka Anda harusĀ  meperhatikan banyak aspek yang nantinya aplikasi tersebut akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan bisnis Anda.

Jika Anda tidak cermat dalam memilih aplikasi POS maka bisa jadi uang yang Anda keluarkan, hanya akan menjadi sesuatu yang sia-sia belaka. Karena itu, pada kesempatan kali ini, kamu akan memberikan berbagai macam tips untuk pelaku bisnis gunakan dalam memilih aplikasi POS.

  1. Memilih Aplikasi Pos Yang Memiliki Fitur Sesuai Kebutuhan

Penting bagi pelaku bisnis untuk lebih dulu mengetahui apa kebutuhan merek sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli aplikasi point of sales. Hal ini dikarenakan, mereka harus bisa menentukan fitur apa saja dalam aplikasi yang nanti benar-benar akan membantu pekerjaan mereka.

Sebagai contoh, apabila usaha yang sedang dijalankan saat ini adalah dibidang kuliner seperti cafe maka pastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki fitur untuk melakukan transaksi pembelian, pilihan menu, dan lain sebagainya. Salah satu yang paling penting adalah aplikasi akuntansi harus ada, agar Anda bisa mendapatkan rekap keuangan dengan mudah.

  1. Pilihlah Aplikasi POS yang Mudah Digunakan

Memilih aplikasi point of sales yang mudah digunakan adalah suatu keharusan. Hal ini untuk mendukung kenyamanan pekerjaan. Karenanya, Anda harus bisa lebih dulu memahami aplikasi POS yang akan Anda beli. Aplikasi yang mudah digunakan juga akan memudahkan pelatihan yang akan dilakukan pada para karyawan. Intinya pilih saja aplikasi yang memiliki interface sederhana.

  1. Perhatikan Budget

Tips berikutnya adalah memerhatikan budget. Jangan anggap sepele soal hal yang satu ini ya. Karena meskipun sebagaimana yang Anda ketahui bahwa harga aplikasi POS tidak begitu mahal, namun ada beberapa perangkat pendukung yang nantinya juga perlu Anda beli untuk mendukung aplikasi ini.

Untuk beberapa perangkat software yang perlu disiapkan misalnya adalah licensing, upgrade langganan bulanan, serta suport. Sedangkan untuk kepentingan hardware yang harus dimiliki adalah printer, barcode scannner, cash drawer dan lain sebagainya. Apabila usaha yang dijalankan masih kecil mungkin memang tidak banyak yang akan dikeluarkan, dan jika budget menjadi halangan, Anda bisa menggunakan jasa sewa.

  1. Memilih Aplikasi POS yang Mampu Memberikan Berbagai Laporan

Ketika menggunakan aplikasi POS idealnya ada berbagai macam laporan yang bisa anda terima dengan instan dan akurat, hal ini karena segala hal yang input seharusnya menghasilkan output sebagai suatu data dan laporan.

Tidak bisa dianggap enteng, dan laporan yang dihasilkan oleh aplikasi point of sales ini, nantinya bisa digunakan sebagai acuan untuk mengambil keputusan di masa depan. Misalnya, dari laporan penjualan diketahui bahwa ada salah satu menu yang penjualannya melampaui yang lain, maka di waktu berikutnya stok menu tersebut bisa diperbanyak.

Karena itu, baiknya ketika memilih aplikasi POS Anda memilih aplikasi yang mampu memberikan berbagai macam laporan, misalnya seperti laporan penjualan, dan tentunya laporan ini harus memungkinkan untuk diakses di mana pun dan kapan pun secara real time serta cepat dan akurat.

Memilih aplikasi Point of Sale dari Youtap.id bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang saat ini masih bingung harus menggunakan aplikasi POS yang seperti apa. Hal ini karena Aplikasi dari Youtap.id memiliki user interface yang sangat user friendly dan tentunya dengan berbagai fitur yang canggih serta lengkap. Dowload sekarang!