Kehamilan pada dasarnya adalah masa yang paling penting bagi seorang wanita yang sudah sejak lama mengharapkan kehadiran seorang buah hati. Hanya saja sering kali diantaranya wanita yang masih masuk dalam masa kehamilan pertama juga akan bingung bagaimana caranya untuk menjaga buah hati yang ada dalam kandungan dan juga diri sendiri agar tetap sehat. Apalagi bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya pada masa ini wanita akan sangat rentan mengalami berbagai macam masalah kesehatan, bahkan juga masalah yang mungkin akan dialami oleh janin dalam kandungan.

Untuk itu agar kondisi bumil dan juga bayi yang dikandung tetap sehat, sampai nantinya melahirkan, maka berikut ini diantaranya ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada masa kehamilan ini, diantaranya adalah:

  1. Rutin dalam mengecek kandungan, artinya lakukan kontrol secara rutin, mengingat bagaimanapun ini adalah hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi pada janin yang ada di dalam kandungan dan juga melihat bagaimana perkembangannya, apakah berlangsung secara normal ataukah tidak, hanya bisa diketahui dari pengecekan secara rutin saja.
  2. Mulai menjaga pola makan, ingat bahwa sekarang ini ada satu orang lain yang membutuhkan asupan makanan melalui diri Anda, yaitu janin dalam kandungan, asupan nutrisi ini sangat penting digunakan untuk perkembangan janin agar berlangsung secara lebih optimal. Jadi biasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat sesuai dengan porsi yang dibutuhkan, hindari juga junk food, minuman bersoda hingga alkohol.
  3. Mulai menghentikan kebiasaan merokok, faktanya memang bukan hanya pria saja yang terbiasa merokok, melainkan juga wanita. Seperti yang diketahui bahwa rokok ini mengandung banyak sekali zat-zat racun atau yang buruk bagi kesehatan, sehingga harus dihindari apalagi dalam kondisi merokok. Bagi yang tidak merokok maka jauhi orang-orang yang sedang merokok sehingga Anda tidak akan menjadi perokok pasif. Apalagi perokok pasif ini justru memiliki resiko yang sangat tinggi terhadap berbagai macam kondisi kesehatan.
  4. Tetap melakukan aktivitas olahraga, namun tentunya jenis olahraga yang baik untuk wanita hamil berbeda dengan olahraga untuk mereka yang tidak hamil, carilah olahraga yang santai dan juga berperan untuk membantu persalinan jadi semakin lancar. Dengan berolahraga membuat bumil nantinya tetap bugar, juga dapat mengurangi beberapa jenis keluhan seperti diantaranya adalah mual hingga muntah.
  5. Mulai memperhatikan konsumsi obat-obatan maupun vitamin, karena dalam kondisi hamil memang tidak semua jenis obat maupun multivitamin bisa secara aman dikonsumsi, hal ini bisa beresiko menganggu kesehatan kandungan jika dikonsumsi secara tidak tepat. Sehingga jika seandainya Anda mengalami masalah kesehatan, maka ada baiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter.
  6. Kurangi aktivitas fisik yang besar dan perbanyak istirahat, kondisi lainnya yang harus Anda hindari adalah aktivitas fisik yang berat, mengingat bagaimanapun beresiko tinggi terhadap bayi yang dikandung, apalagi untuk bumil yang kandungannya lemah, maka hal ini bisa memicu terjadinya keguguran. Pastikan juga untuk mencukupi kebutuhan istirahat Anda, sehingga tubuh tetap bugar dan kekebalan tubuh tetap kuat, sehingga bumil tidak akan mudah terserang penyakit atau infeksi.

Terapkan jika Anda ingin bayi selalu sehat hingga lahir, begitu pula dengan bumil. Karena masa kehamilan selain menjadi saat yang sangat membahagiakan, nyatanya juga termasuk saat yang sangat riskan untuk mereka, apalagi banyak resiko dimana kehamilan berlangsung secara tidak normal.