Menjadi seorang ibu bukanlah tugas yang mudah. Dari pembuahan hingga kelahiran terakhir bayi dan seterusnya, jalan kehamilan dan menjadi ibu adalah hal yang sulit, baik secara emosional maupun biologis.

Mari kita lihat Pertumbuhan Seorang Bayi perjalanan kehamilan 9 bulan ini dan memahami sedikit lebih banyak tentang apa yang sebenarnya dilalui setiap ibu untuk membawa anak ke dunia. Pemupukan: Kami hanya sel pada awalnya, sel yang terbentuk ketika sperma ayah kami membuahi sel telur ibu kami. Pemupukan terjadi di tuba Fallopii betina, yang menghubungkan rahim (rahim) dengan ovarium.

Sel telur ibu dan sel sperma ayah masing-masing hanya mengandung 23 kromosom, yang memungkinkan mereka untuk ditambahkan bersamaan saat pembuahan. Ketika digabungkan bersama-sama, mereka membuat satu sel yang sama sekali baru embrio manusia, zygote atau conceptus dengan 46 kromosom, yang membawa kombinasi gen yang segar dan unik.

Implantasi: Implantasi biasanya terjadi sekitar 6-12 hari setelah pembuahan. Telur yang telah dibuahi sekarang telah menyelesaikan perjalanannya melalui tuba Fallopii dan menjadi melekat pada lapisan rahim.

Pada akhir 4 minggu Pertumbuhan janin setelah pembuahan, sistem saraf, sumsum tulang belakang, hati, dan ginjal mulai terbentuk.

Sejak minggu ke-5 , mata, kaki, dan tangan mulai berkembang. Pada minggu ke-6, kuku mulai terbentuk, dan mulut serta bibir menjadi ada.

Pada akhir 8 minggu, tulang, hidung, kelopak mata, dan jari kaki bayi  mulai muncul dan sebagian besar organ berada di tempatnya. Embrio bahkan telah ditemukan merespons sentuhan pada tahap ini.

Selama bulan berikutnya, gigi mulai terbentuk. Bayi dapat memutar kepalanya, tersendat dan mulai mengeksplorasi rentang gerakannya yang terbatas. Sistem peredaran darah mulai bekerja dan struktur kerangka sudah pasti ada. Bayi bisa merasakan hal-hal tertentu, termasuk rasa sakit. Pita suara hadir dan hampir semua sistem ada dan berfungsi.

Bagaimana Pertumbuhan Seorang Bayi dalam Rahim?

Bayi berumur 12 minggu

Pada bulan berikutnya, bayi telah mengembangkan selera dan memompa beberapa liter darah setiap hari. Ia juga bisa menyedot jempolnya!

Pada akhir 5 bulan , ukuran bayi 140mm, hanya lebih dari sepertiga dari ukuran itu akan secara penuh, dan beratnya sekitar 200g. Jantung sekarang mulai memompa cukup banyak darah, hampir 30 liter setiap hari.

Bayi menunjukkan sensitivitas terhadap cahaya dan merespons terhadap suara. Kehamilan mulai terlihat secara eksternal saat rahim mengembang dan berubah bentuk untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh.

Pada akhir 6 bulan, bayi mempraktikkan pernapasan dengan menghirup cairan ketuban ke dalam paru-paru yang sedang berkembang. Ibu juga mulai merasakan bayi menendang atau akan merasakan cegukan yang sering dialami bayi yang belum lahir setelah minum cairan ketuban atau saat berlatih bernapas. Kelenjar minyak dan keringat bayi mulai berfungsi.

7 bulan dan lebih :  Bayi sekarang dapat membuka dan menutup matanya, dan janin mulai menggunakan empat indera (dari lima). Ini adalah penglihatan, pendengaran, rasa, dan sentuhan. Kulitnya menebal dan lapisan lemak berkembang di bawah kulit bayi.

Pertumbuhan Seorang Bayi juga mempengaruhi Berat bayi yang meningkat secara bertahap. Sekarang, bayi dapat mengidentifikasi perbedaan antara bangun dan tidur, dan dapat berhubungan dengan suasana hati ibu. Jantung bayi menjadi sangat kuat dan mampu memompa 300 galon darah per hari, bersiap untuk keluar dari rahim!