Menantikan kelahiran bayi menjadi hal yang seru sekaligus mendebarkan bagi semua orang tua, apalagi bagi calon orang tua muda yang masih baru pertama kali memiliki bayi. Semua di persiapkan dengan matang, cari info sana sini untuk menyambut anggota keluarga baru. Setelah semua check up kesehatan bagi ibu dan sang bayi dilakukan dengan tuntas selanjutnya yang selalu seru untuk dilakukan adalah berburu perlengkapan bayi. Biasanya calon-calon ibu muda selalu antuasias dalam mempersiapkan kelahiran bayi mereka. Semua perlengkapan bayi akan mereka persiapkan setidaknya satu bulan sebelum bayi lahir, alasannya agar ketika bayi lahir sudah tidak perlu repot lagi mengurusi keperluan bayi tinggal fokus mengurus bayi tersebut. Hal ini memang ada benarnya, persiapan yang matang sama halnya dengan mengerjakan setengah dari sesuatu. Mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan merepotkan dikemudian hari akan membantu menghindari masalah yang mungkin akan terjadi.

Berbicara mengenai perlengkaan bayi memang ada beberapa bidan yang menyediakan perlengkapan bayi di tempat praktek mereka, bahkan ada juga yang memberikan perlengkapan bayi utama sebagai salah satu dari fasilitas yang mereka berikan. Tapi tidak ada salahnya kalau anda sudah mempersiapkan sendiri dari jauh-jauh hari. Oleh karena itu pengetahuan mengenai perlengkapan bayi apa saja yang perlu di persiapkan untuk menyambut kelahiran bayi menjadi hal yang harus di ketahui khususnya bagi calon ibu muda yang masih belum pernah mengalami pengalaman ini, berikut akan dijelaskan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bayi yang baru lahir.

Beberapa Perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan saat bayi lahir

 

  1. perlengkapan dasar

Beberapa perlengkapan yang masuk dalam kategori perlengkapan dasar ini menjadi hal wajib yang harus dipersiapkan ibu, perlengkapan dasar yang dimaksud antara lain:

  • popok bayi sebanyak 2 pak
  • waslap
  • ½ lusin kain bedong bayi
  • ½ lusin baju panjang dan pendek
  • ½ lusin celana panjang dan pendek
  • 6 pasang sepatu atau kaos kaki bayi
  • 2-3 topi bayi
  • alas tahan air atau perlak
  • selimut bayi
  • kelambu
  • Kasur, bantal dan guling bayi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya untuk perlengkapan dasar ini, ada beberapa tempat persalinan yang telah menyediakannya di tempat praktek mereka, bahkan ada juga yang memasukkan keperluan dasar bayi dalam salah satu fasilitas dan masuk kedalam biaya yang harus di bayarkan, namun ada juga yang harus dipersiapkan mandiri oleh keluarga. Oleh karena itu cari tau dulu apakah tempat anda bersalin menyediakan hal tersebut. Namun ada baiknya jika anda mempersiapkan terlebih dahulu, sehingga meskipun tempat anda bersalin sudah menyediakan, anda bisa mengatakan kalau anda sudah mempersiapkan semuanya dengan lengkap. Alangkah baiknya jika anda mulai mencari perlengkapan bayi 1 hingga 2 bulan sebelum hari perkiraan lahir anak anda. Hal ini di tunjang juga dengan kondisi ibu yang masih kuat untuk melakukan aktifitas fisik. Karena sebagai seorang wanita jika urusannya belanja, maka akan memakan waktu dan juga tenaga apalagi ini adalah perlengkapan untuk bayi anda, pasti pertimbangannya cukup banyak, bahkan tidak menutup kemungkinan kalau anda bisa saja tertarik dengan barang lain yang di pajang di baby shop tersebut. Oleh karena itu mempersipakan 2 bulan sebelum waktu persalinan menjadi hal yang tepat.

  1. perlengkapan mandi

Setelah perlengkapan dasar, anda juga harus mempersiapkan perlengkapan mandi bayi. Kulit bayi  yang masih baru lahir masih sangat sensitif dan tubuhnya juga masih rapuh. Oleh karena itu bahan-bahan yang di gunakan untuk bayi juga berbeda termasuk pula perlengkapan untuk mandi ini. Beberapa hal yang harus anda persiapkan antara lain:

  • bak mandi khusus bayi
  • 2 handuk bayi
  • sabun beserta shampo khusus bayi

Mengingat bahwa pertumbuhan bayi yang begitu cepat, untuk ukuran bak mandi khusus bayi pilihlah ukuran yang sedikit lebih besar. Hal ini bertujuan agar penggunaan barang bisa lebih lama. Anda tentu ingin agar barang yang anda beli bisa di gunakan lebih dari satu tahun bukan? Sabun dan shampo bayi ada banyak macamnya jangan beli terlalu banyak, hal ini mengantisipasi jika terjadi alergi atau ketidakcocokan dengan produk yang anda beli, ketika anda membeli dalam jumlah sedikit atau kemasan yang kecil ketika ada ketidak cocokan anda bisa segera mengganti dan tidak membuang banyak uang dengan barang yang tidak terpakai. Ketika anda sudah menemukan produk yang cocok untuk bayi anda barulah bisa membeli dalam jumlah besar atau kemasan yang lebih besar.

  1. perlengkapan lainnya

 Setelah membahas perlengkapan dasar dan juga perlengkapan mandi masih ada beberapa perlengkapan lain yang pasti anda butuhkan. Beberapa barang tersebut antara lain.

  • gendongan bayi
  • minyak telon
  • tas bayi
  • kain kasa dan kapas steril
  • celemek bayi
  • cotton buds
  • perlengkapan kamar bayi

Demikian beberapa keperluan perlengkapan bayi yang harus anda persiapkan menjelang persalinan. Untuk menghindari barang-barang yang tidak terbeli atau justru membeli barang yang tidak perlu ada baiknya anda membuat ceklis barang apa saja yang anda butuhkan. Sehingga anda akan memastikan bahwa barang yang anda beli memang barang-barang yang anda butuhkan. Khusus untuk pakaian jangan membeli dalam ukuran yang kecil, carilah ukuran yang lebih besar dari ukuran bayi, hal ini bertujuan agar apa yang anda beli bisa di gunakan dalam waktu yang lebih lama, karena pertumbuhan bayi sangat cepat, jika anda membeli dengan ukuran saat  bayi anda lahir, maka bersiaplah baju-baju dan celana yang anda beli akan segera masuk kedalam pakaian tak terpakai. Karena alasan yang sama pula jangan membeli pakaian bayi lahir dalam jumlah yang banyak karena tidak lama lagi pakaian tersebut sudah tidak terpakai. Mengenai bahan pilihlah bahan yang halus, dan lembut, anda harus ingat bahwa bayi anda masih sangat sensitif, jadi pilihlah bahan-bahan yang memang khusus untuk bayi, jangan asal membeli dengan harga murah namun membuat bayi anda tidak nyaman. Jangan lupa untuk segera mencuci pakaian dan handuk bayi yang anda beli dengan air bersih, kemudian segera keringkan. Tidak perlu menggunakan sabun, kemudian setrika tanpa menggunakan pelicin atau pelembut pakaian. Setelah itu simpan di tempat yang benar-benar terjaga kebersihannya.

Tidak sulit untuk mendapatkan kebutuhan perlengkapan bayi yang disebutkan diatas. Semua tersedia di toko perlengkapan bayi disekitar anda. Untuk beberapa perlengkapn bayi yang unik atau tidak biasa anda bisa memesan secara online seperti sikat gigi bayi, sisir bayi, mainan bayi dan beberapa perlengkapan lainnya. Salah satu toko online yang mungkin bisa menjadi referensi anda adala ilotte.com semua hal bisa anda dapatkan di marketplace tersebut. Di tunjang oleh toko offline yang sudah tersebar di seluruh indonesia ilotte juga melakukan pengembangan di bidang penjualan online.