Beberapa tahun belakangan, memasang behel gigi memang menjadi salah satu tren yang digandrungi oleh anak muda. Selain berfungsi untuk merapikan gigi yang berantakan, pemasangan behel gigi ini juga dianggap dapat menunjang penampilan sekaligus membuat senyum tampak lebih menawan dari biasanya karena itu banyak anak muda yang memasang behel gigi ini. Mungkin, kamu salah satunya. Iya, kan?

Namun demikian, sebelum memutuskan untuk memasang behel gigi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, berikut di antaranya:

  1. Kenali behel gigi lebih dalam. Behel gigi atau kawat gigi merupakan alat bantu yang dipasang di bagian terluar gigi, yakni atas maupun bawah. Pemasangan behel gigi ini dipercaya ampuh memperbaiki susunan gigi karena adanya tekanan yang diberikan. Behel gigi ini terdiri dari beberapa bagian seperti bracket yang biasanya ditempel di bagian gigi menggunakan lem khusus, cincin ortodontik atau molar brand yang dipasang di gigi geraham, kawat lengkung yang dipasang ke bagian bracket, hingga kawet elastis yang mengikat kawat melengkung. Nah, apabila kamu ingin memasang behel gigi ini, alangkah baiknya kenali setiap bagian dari behel gigi ini agar nantinya kamu tidak salah.
  2. Tujuan pemasangan behel gigi. Apa sebenarnya tujuan kamu memasang begel gigi tersebut. Apakah hanya untuk penampilan saja? Atau, benar-benar untuk merapikan gigi yang berantakan? Lantaran, behel gigi sangat membantu meningkatkan kesehatan karena mencegah penumpukan bakteri akibat gigi yang tidak rata maupun rapat. Di samping itu, susunan gigi yang tidak rata juga dapat mengganggu proses mengunyah makanan. Karena itu, penting bagimu untuk mengetahui apa tujuan kamu memasang kawat gigi tersebut.
  3. Cari dokter gigi yang kompeten memasang behel gigi. Saat ini, memang banyak yang menawarkan pemasangan behel gigi murah kepada semua orang. Namun, jangan langsung tergiur dengan penawaran murah tersebut karena ditakutkan nanti malah bisa merugikanmu di kemudian hari. Untuk itu, carilah dokter gigi yang kompeten dalam memasang kawat gigi, dengan begitu tentu bisa mencegah terjadinya risiko. Kamu pasti tidak mau kan nanti gigimu rusak akibat salah dalam memilih dokter gigi dan hanya tergiur harga murah.
  4. Bandingkan harga pemasangan behel gigi. Jika perlu, kamu harus membandingkan harga pemasangan behel gigi yang ditawarkan oleh setiap dokter gigi. Pastikan tidak memilih yang terlalu murah, ini dilakukan untuk meminilisir risiko yang mungkin terjadi setelah pemasangan behel tersebut.

Itulah beberapa hal wajib yang harus diperhatikan sebelum berencana memasang kawat gigi. Namun, tidak hanya begel gigi, merapikan gigi juga bisa dilakukan dengan menggunakan produk clear aligner. Apakah itu? Produk Clear aligner merupakan produk terbaru yang dibuat menggunakan teknologi terbaru sebagai solusi untuk meratakan gigi yang lebih mudah dan simpel.

Salah satu brand yang menawarkan metode ini adalah Rata.id, The First Indonesian Clear Aligner. Produk clear aligner dari Rata.id ini memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan gigi yang lebih rapi lagi. Yuk, cobain!