Akhir tahun lalu dunia memang tengah digemparkan dengan penemuan virus baru yang menyerang manusia yaitu virus Corona di Wuhan, Hubei, China. Tak berselang lama dari infeksi pertama nyatanya semakin banyak diantara masyarakat yang tertular oleh virus ini dan terkena Covid 19. Bahkan sampai sekarang ini seluruh dunia sudah mulai merasakan dampaknya. Pemerintah mulai mengupayakan berbagai macam cara untuk menekan angka persebaran dari virus tersebut, termasuk diantaranya juga di Indonesia.

Meskipun dalam dikatakan sebenarnya ia termasuk virus yang umum menyerang sistem pernapasan manusia. Hanya saja dilihat dari segi penyebarannya terbilang begitu cepat. Ditambah lagi fakta belum adanya vaksin sampai dengan obat untuk mengatasi virus tersebut membuat masyarakat juga khawatir. Mengingat angka kematian yang disebabkan oleh serangan virus ini juga terbilang tinggi, bahkan jika dilihat di Indonesia, maka angka kematiannya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pasien yang mengalami kesembuhan. Jadi patut untuk diwaspadai tentunya.

Semua orang memang pada dasarnya beresiko untuk terjangkit virus Corona ini. hanya saja dalam kondisi yang berbeda pada dasarnya gejala yang ditunjukkan setelah infeksi dari virus ini juga berbeda-beda, ada yang menunjukkan gejala yang cukup signifikan sehingga mudah untuk dideteksi dan juga ada yang tidak. Namun berikut ini setidaknya ada beberapa gejala umum dari Covid yang patut untuk Anda waspadai, yaitu:

  1. Demam tinggi, setelah infeksi pertama dari Covid 19 ini umumnya tubuh akan secara langsung merasakan peningkatan suhu badan atau demam tinggi, dimana untuk suhu badan ini nilainya bisa lebih dari 38 derajat Celcius, karena sebenarnya sistem imuns sedang berusaha untuk melawan virus yang masuk kedalam tubuh tersebut.
  2. Batuk, sementara itu juga ada gejala lain yang menyertainya, yaitu batuk, hanya saja batuk yang dialami oleh penderita Covid 19 ini memang berbeda dibandingkan dengan batuk pada umum, karena tidak berdahak. Dimana bagian tenggorokan terasa gatal sehingga batuk, jenis batuknya adalah batuk kering.
  3. Sesak napas, kebanyakan diantara penderita Covid 19 ini akan merasakan gejala yaitu kesulitan bernapas. Bahkan akan semakin parah jika seandainya dialami oleh seseorang yang sebelumnya memiliki riwayat terkena gangguan atau masalah paru-paru yang nantinya menyebabkan kesulitan di dalam bernapas.
  4. Tubuh menjadi mudah lelah, lelah tanpa sebab sebenarnya juga bisa menjadi gejala dari penyakit yang satu ini. Untuk itulah wajib diwaspadai, jika seandainya Anda tidak melakukan terlalu banyak aktivitas yang berat, namun tubuh menjadi cepat lelah, bisa jadi sebenarnya hal ini merupakan gejala dari Covid 19 yang menyerang tubuh.
  5. Nafsu makan turun, pada infeksi pertama yang disebabkan oleh virus tersebut nyatanya juga bisa membuat nafsu makan Anda mengalami penurunan. Jika sudah semacam ini maka tubuh juga akan kekurangan nutrisi untuk meningkatkan pertahanannya dalam melawan infeksi virus.
  6. Ansomnia, nyatanya gejala yang satu ini juga kerap kali dirasakan oleh sebagian penderita dari Covid 19, yaitu kehilangan kemampuan dalam membaui atau mencium aroma. Sebagian orang bahkan terkadang tidak merasakan gejalanya.

Hati-hati sebaiknya lakukan deteksi dini sebelum terlambat, Anda bisa konsultasi dengan dokter terkait dengan gejala terkena virus Corona tersebut secara mudah yaitu online lewat aplikasi Halodoc. Hanya saja untuk lebih jelasnya maka disarankan bagi Anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke rumah sakit terdekat.