Ada berbagai profesi dokter spesialis yang memiliki peran penting dan tanggung jawab masing-masing. Seperti salah satunya dokter spesialis urologi yang berfokus pada penanganan kesehatan pada saluran kemih atau dalam dunia medis sering disebut sebagai urologi. Saluran kemih merupakan organ vital didalam tubuh karena mengatur keseimbangan cairan urine, sehingga jika terdapat gejala atau kelainan yang pada organ tersebut, Anda dapat berkunjung ke dokter spesialis urologi di Bekasi agar segera bisa mendapat pertolongan.

Untuk dapat memiliki gelar sebagai dokter spesialis urologi, maka Anda harus menempuh pendidikan sebagai dokter umum terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan studi spesialis mengenai ilmu urologi yang dapat di selesaikan dalam waktu paling cepat 10 semester. Setelah itu, Anda langsung dapat memberikan berbagai pengobatan medis kepada pasien yang memiliki keluhan penyakit saluran kemih maupun membuka praktik dokter.

Gejala umum yang ditunjukkan oleh para penderita penyakit saluran kemih adalah seperti nyeri perut di bagian bawah berulang yang tidak kunjung sembuh, maupun perubahan warna urine menjadi tidak wajar seperti merah, coklat atau merah muda. Pada sebagian kasus, gejala penyakit yang satu ini juga dapat ditunjukkan dengan volume urine yang menjadi sedikit. Penting untuk diketahui bahwa dokter spesialis yang satu ini berfokus menangani semua kelainan kesehatan yang terjadi pada saluran kemih, namun berikut akan kita bahas berbagai subspesialisasi dari ilmu kedokteran neurologi, antara lain:

  • Urologi wanita.

Doter spesialis urologi yang satu ini nantinya akan berfokus pada semua gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada saluran kemih wanita, dan melakukan diagnosis penyebab serta tindakan pengobatan yang harus dilakukan.

  • Infertilitas pada pria.

Berikutnya dokter spesialis urologi yang ini memiliki wewenang penuh memberikan penanganan terhadap semua permasalahan kesehatan organ reproduksi serta setiap gejala yang dapat berpengaruh tidak baik pada tingkat kesuburan pria.

  • Neurologi.

Untuk dokter urologi yang satu ini nantinya akan menangani menyeluruh gejala penyakit pada saluran kemih yang disebabkan oleh gangguan pada jaringan saraf baik berasal dari sistem saraf pusat seperti otak atau sumsum tulang belakang.

  • Onkologi urologi.

Siapa sangka bagian saluran kemih manusia juga bisa terkena gangguan sel kanker, seperti kanker kandung kemih, prostat, testis dan organ ginjal. Nantinya, terdapat dokter urologi khusus yang akan mengatasi penyakit kronis tersebut.

Semua gangguan kesehatan yang terjadi pada urologi atau saluran kemih dapat menimpa semua orang tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya segera melakukan tindakan pemeriksaan jika merasa terdapat gejala penyakit yang timbul. Biasanya dokter spesialis satu ini akan melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab mulai dari gejala awal dan keluhan yang Anda rasakan. Untuk memberikan diagnosis penyakit yang tepat, para pasien biasanya juga harus menjalani berbagai tes pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu mulai dari pengambilan sampel darah dilaboratorium sampai pemeriksaan penunjang dengan menggunakan beragam alat khusus seperti sistikopi atau tes pencitraan dan CT Scan.

Pada beberapa kasus yang masih belum dapat diketahui penyebab penyakit yang terjadi pada saluran kemih, tes residu urine dan tes urodinamik juga menjadi langkah lanjutan yang dilakukan pasien penderita gangguan saluran kemih. Masuk dalam kategori penyakit berbahaya, Anda sebaiknya segera menemui dokter spesialis urologi di Bekasi jika merasakan gejala yang mengganggu kenyamanan di bagian saluran kemih. Hal ini penting karena jika sampai telat mendapat penanganan kemungkinan komplikasi penyakit yang lebih serius dan berbahaya sangat mungkin terjadi.