Inilah Sumber Zat Besi Bayi yang Harus Dipenuhi Oleh Bunda

  • 2 min read
  • Aug 10, 2021
sumber zat besi untuk bayi

Bayi adalah titipan tuhan yang harus selalu dijaga dan dipenuhi segala kebutuhannya. Salah satu kebutuhan pada bayi ini adalah seperti adanya zat besi yang sangat penting baginya. Zat besi ini tidak boleh disepelekan karena zat satu ini merupakan yang membawa oksigen menyebar ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi ini tentu dapat proses penyebaran ini tidak sempurna sehingga tubuh kekurangan oksigen.

Sumber Zat Besi

Karena pentingnya zat besi ini tentu harus selalu dipenuhi oleh bunda pada bayinya. Beberapa zat besi ini dapat diperoleh dari daging baik itu kambing, ayam, ayam dan juga yang ada pagi ikan. Daging ini merupakan salah satu sumber zat besi terbaik bagi bayi karena kandungan yang ada di dalamnya memang begitu banyak.

Selain dari sisi daging, bunda juga memperolehnya dari kacang-kacangan seperti kacang panjang dan kedelai. Bagi yang tinggal di pedesaan untuk mendapatkan tumbuhan ini tentu sangatlah mudah di dapat. Zat besi pada tumbuhan ini juga tidak jauh berbeda dengan zat besi yang ada pada daging.

Selain dari daging dan juga tumbuhan ini ternyata juga bisa di dapat dari tempe dan tahu. Makanan satu ini sangat penting bagi anak dan tentu tidak susah mendapatkannya baik di desa atau di kota. Tahu dan tempe ini dipercaya mengandung zat besi yang banyak karena berbahan dasar kedelai.

Kebutuhan Zat Besi

Ketika sudah mengetahui sumbernya maka yang perlu diketahui juga adalah kebutuhan zat satu ini bagi bayi. Pemberian zat besi berlebihan tentu tidak bagus bagi anak dan harus sesuai takaran. Untuk usia anak antara 0-6 bulan itu sudah ikut pada ASI yang ada pada bunda. Sedangkan di usia 7-11 bulan asupan zat besinya harus mencapai 7-11 mg per hatinya. Selanjutnya untuk usia 1 tahun hingga 3 tahun asupan zat besinya harus mencapai 7 mg zat besi per harinya.

Itulah beberapa hal tentang sumber zat besi untuk bayi serta kebutuhan yang harus dipenuhinya. Kedua komponen ini harus selalu dijaga untuk bunda agar bayi bisa berkembang dan tumbuh secara normal.