Keuntungan Menggunakan Kereta Api sebagai Transportasi Pilihan untuk Liburan

  • 2 min read
  • Jan 16, 2020
Kereta Api

Jika berbicara mengenai moda transportasi yang bisa diandalkan untuk perjalanan darat jarak jauh maupun dekat, kereta api adalah jawabannya. Pergi berlibur menggunakan pesawat memang akan terlihat lebih praktis dan tentunya fancy. Akan tetapi budget perjalanan yang ditawarkan pun sebanding dengan kenyamanan dan kepraktisan yang diberikan. Belum pernah mencoba naik kereta api? Atau sudah pernah mencoba tapi ketagihan? Berikut beberapa keuntungan memilih kereta api sebagai moda transportasi yang mendukung liburanmu.

  • Biaya terjangkau dan tidak menguras dompet

Salah satu alasan mengapa kereta api terus diminati oleh para penggunanya adalah karena biaya perjalanan yang terjangkau dan tentunya tidak menguras dompet. Dengan biaya transportasi yang terjangkau tentunya kamu bisa memiliki alokasi lebih dana traveling yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal seru selama liburan. Liburan menjadi lebih menyenangkan karena dompet tidak terkuras habis-habisan. 

  • Nyaman dan praktis

Jika kamu belum pernah mencoba naik kereta, mungkin kamu akan memiliki anggapan bahwa naik kereta api cenderung tidak praktis dan tidak nyaman. Jauh sebelum PT KAI memperbaiki manajemennya, kereta api memang kurang nyaman digunakan karena penumpang harus berdesak-desakan. Tapi kini, semuanya sudah menjadi lebih teratur. Fasilitas yang dimiliki kereta api sangat mendukung kenyamanan selama perjalanan, bahkan gerbong ekonomi pun sudah dilengkapi fasilitas pendingin udara (AC). Mulai tertarik untuk merencanakan perjalanan menggunakan kereta api? pesan dulu tiket kereta kamu untuk perjalanan bersama liburan

  • Pemandangan yang menarik selama perjalanan

Salah satu hal yang membedakan bepergian menggunakan kereta api dengan moda transportasi lainnya adalah pemandangan menarik yang bisa dinikmati selama perjalanan. Mulai dari sawah hijau, tebing, hutan tropis nan asri bahkan hingga pantai yang terbentang indah. Bepergian menggunakan kereta api jarak jauh dapat dijadikan sebagai sarana relaksasi. Kamu dapat menikmati keindahan pemandangan selama perjalanan sambil menikmati alunan musik yang menenangkan dari airphone. Sebuah perjalanan yang menyenangkan untuk dilalui sendiri maupun beramai-ramai bersama rombongan. 

  • Fleksibel untuk melakukan kegiatan seru selama perjalanan

Merencanakan liburan bersama teman-teman adalah hal yang sangat seru dan tentunya menyenangkan. Menggunakan kereta api sebagai moda transportasi untuk liburan bersama teman-teman adalah pilihan yang tepat. Bersama teman-teman, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang seru dan mengasyikkan di atas kereta. Dari mulai bermain game online, streaming film terbaru melalui smartphone hingga bermain dengan board sungguhan bersama teman-teman. Perlu diingat, semua itu belum tentu bisa dilakukan di atas kabin pesawat. 

  • Bebas membawa bagasi

Pesawat memiliki aturan khusus mengenai bagasi yang hanya boleh dibawa maksimal 20 kg. Setelah peraturan Kementrian Perhubungan terbaru beberapa maskapai bahkan menerapkan biaya per kilogram untuk bagasi yang dibawa penumpang. Biaya tambahan pun secara otomatis akan dikeluarkan jika kamu membawa bagasi melebihi berat bagasi kabin. Hal tersebut tidak berlaku kepada pengguna jasa kereta api. Tidak ada batas tertentu yang ditetapkan untuk bagasi yang boleh dibawa ke atas kereta api. Selama penumpang masih mampu membawa dan menjaga bagasi tersebut sendiri, tidak ada ketentuan yang melarangnya untuk dibawa naik ke atas kereta. Tidak ada biaya tambahan yang harus dibayarkan. Sangat menguntungkan bukan?

  • Fasilitas perjalanan yang memadai

Meskipun tergolong low-budget, fasilitas perjalanan di dalam kabin kereta sangatlah memadai. Tersedia toilet penumpang yang tersedia di setiap gerbong dan juga stop kontak yang bisa digunakan untuk menambah daya baterai telepon genggam maupun komputer jinjing. Tidak perlu takut kelaparan selama perjalanan, karena ada banyak petugas KAI yang menjajakan makanan ke setiap gerbong. Jika bosan duduk di gerbong penumpang, kamu bisa menikmati makanan ringan di gerbong restoran. 

Kereta api memiliki jalur sendiri sehingga terbebas dari macet. Kamu tidak akan merasakan macet selama perjalanan. Ini adalah salah satu keunggulan yang ditawarkan kereta api. Perjalanan akan menjadi lebih cepat dan bebas hambatan, kamu bisa tiba di kota tujuan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Tertarik mencoba liburan menggunakan kereta api? pesan dulu tiket kereta kamu untuk perjalanan bersama liburan