Wi-Fi merupakan metode untuk perangkat seperti smartphone untuk terhubung secara nirkabel ke Internet menggunakan gelombang radio. Menghubungkan ke Internet menggunakan Wi-Fi membutuhkan hot spot, tetapi selalu lebih cepat daripada jaringan seluler 3G yang juga dapat digunakan smartphone untuk terhubung, dan kadang-kadang lebih cepat dari 4G.

Keuntungan Menggunakan Wi-Fi saat tersedia juga terbukti lebih murah dan membuat ponsel Anda berjalan lebih efisien dalam jangka panjang daripada mengandalkan jaringan seluler. Saat Anda menggunakan jaringan Wi-Fi untuk mengakses Internet dari telepon Anda, penggunaan data tidak dihitung terhadap data yang Anda bundel.

Penyedia seluler sering mengalokasikan sejumlah data tertentu secara gratis setiap bulan dan membebankan biaya kepada Anda untuk penggunaan data apa pun di luar ini. Dengan menyambungkan melalui Wi-Fi di mana pun tersedia, Anda dapat menyimpan data yang dibundel untuk situasi di mana Anda mungkin tidak dekat dengan hotspot Wi-Fi.

Anda Dapat Merasakan Kecepatan yang Lebih Baik

Dalam banyak situasi, kecepatan Anda menggunakan koneksi Wi-Fi yang kuat dan berdedikasi lebih cepat daripada menggunakan jaringan seluler Anda. Meskipun perbedaannya mungkin tidak terlalu jelas jika Anda hanya membaca email Anda atau memeriksa halaman Web, itu sangat terlihat ketika mentransfer file yang lebih besar.

Aktivitas seperti streaming audio dan video mendapat manfaat dari latensi lebih rendah yang terkait dengan penggunaan Paket Internet. Jika Anda perlu mengunduh file besar atau streaming media ke smartphone Anda dengan cepat, jauh lebih baik melakukannya melalui Wi-Fi.

Biaya Rendah

Dalam situasi di mana Anda memiliki akses ke Wi-Fi gratis, seperti di rumah, kantor atau kafe, bandara dan hotel. Lebih masuk akal untuk menggunakan metode ini untuk menghubungkan ponsel Anda ke Internet. Misalnya, jika Anda memiliki koneksi Internet yang tidak terbuka di rumah, Anda dapat menghubungkan ponsel Anda ke router melalui Wi-Fi.

Apa Lagi Keuntungan Menggunakan Wi-Fi yang Perlu Kita Ketahui?

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan Wi-Fi adalah Anda juga dapat mengunduh semua pembaruan atau perangkat lunak yang diperlukan tanpa harus membayar penyedia seluler Anda. Ada juga aplikasi yang tersedia untuk smartphone yang memungkinkan Anda melakukan panggilan suara menggunakan koneksi Wi-Fi, ini dapat menghemat uang jika Anda dan penerima menggunakan aplikasi.

Daya tahan baterai sangat penting untuk smartphone, terutama bagi Anda yang suka bermain game. Karena Anda tidak akan dapat terhubung ke Internet atau menggunakan fungsi tertentu seperti lampu kilat kamera jika baterai Anda terlalu rendah. Menggunakan Wi-Fi untuk terhubung ke Internet menghabiskan daya baterai lebih sedikit daripada menggunakan jaringan seluler.

Terutama dalam situasi di mana jangkauan seluler berfluktuasi. Karena Wi-Fi umumnya lebih cepat daripada menggunakan jaringan seluler, Anda juga tidak akan menghabiskan banyak waktu mentransfer data, yang semakin mengurangi penggunaan baterai.

Sebagian besar router Wi-Fi dilengkapi dengan fitur keamanan bawaan yang membatasi jumlah perangkat yang didukung router pada satu waktu. Biasanya, batas ini adalah lima perangkat. Jika perangkat keenam mencoba membuat koneksi, fitur keamanan menolak akses. Fitur keamanan ini dirancang untuk menjaga kualitas dan kekuatan transmisi dari Wi-Fi.

Nah, jadi itulah dia Keuntungan Menggunakan Wi-Fi yang telah kami sajikan untuk Anda. Tertarik untuk menggunakan Wi-Fi? Segera kunjungi layanan telkom di kota Anda. Demikianlah pembahasan artikel ini saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, terimakasih.