Sejak Juni 2019 lalu, masyarakat Jakarta disuguhkan hiburan yang unik sekaligus modern. Yaitu hadirnya TeamLab Future Park, sebuah pertunjukan pameran seni interaktif terbesar di Jakarta yang menggunakan teknologi digital dengan konsep kreasi kolaborasi. Konsep ini menghadirkan pengalaman kreatif dan memungkinkan pengunjung untuk berkolaborasi dan menciptakan karya seni baru. Lima instalasi digital yang berbeda akan dihadirkan dalam pameran ini dan terdiri dari Animals of Flowers, Symbiotic Lives, Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn, Sliding through the Fruit Field, Sketch Aquarium, dan Light Ball Orchestra.

TeamLab Future Park merupakan kolaborasi antara perusahaan teknologi TeamLab dengan Sorak Gemilang Entertainment (SGE) selaku penyelenggara. CEO SGE Live, Mervi Sumali, mengatakan, pameran seni semakin menjadi primadona di Indonesia. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang sangat tinggi di setiap event seni di Tanah Air. Hadirnya TeamLab di Jakarta, membuat pecinta seni tidak perlu jauh- jauh ke Tokyo ataupun Singapura untuk mengeksplorasi kreativitas tanpa batas bersama seluruh anggota keluarga melalui instalasi digital interaktif.

Akitae Matsumoto, CEO TeamLab Kids, menjelaskan, dengan teknologi digital yang digunakan oleh TeamLab, beragam instalasi seni dapat berevolusi tanpa batas dan bergerak bebas, berinteraksi dengan pengunjung dan lingkungan sekitar sehingga menciptakan momen unik yang mengubah aktivitas kreatif individu menjadi aktivitas kreatif kolaboratif sehingga dapat memberikan pengalaman hubungan antar manusia yang harmonis dan kooperatif.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Narada Aset Manajemen sebagai Official Asset Management Partner. Menurut Made Adi Wibawa, Komisaris Utama dari Narada Aset Manajemen, pihaknya menyambut baik acara ini. Sebab acara ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memperkenalkan bagaimana berinvestasi bisa dilakukan dengan cara lebih menyenangkan.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasinya terhadap SGE Live yang telah berhasil menghadirkan ‘TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’. Hal ini dianggap sejalan dengan semangat Narada sebagai life partner bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya kebutuhan rekreasi dimana perencanaan dan pengelolaan keuangan merupakan salah satu unsur penting dalam mewujudkan tujuan hidup.”

TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ hadir dengan area seluas 2.000 meter persegi dan mempersembahkan 5 instalasi interaktif, yaitu : Animals of Flowers, Symbiotic Lives teamLab, 2017, Seni Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi.

Pengunjung akan terbenam dalam satu ekosistem seni yang berisi karya seni yang digambar oleh pengunjung itu sendiri. Makhluk hidup makan dan dimakan oleh makhluk hidup lainnya, sehingga menciptakan satu ekosistem yang berkesinambungan. Pada saat ada binatang yang Anda gambar memakan binatang lain, jumlahnya akan bertambah. Apabila ada binatang yang tidak makan atau dimakan oleh binatang lain, dia akan mati dan sirna. Ketika pengunjung berdiri dan diam, maka bunga akan bermekaran di kaki pengunjung. Sebaliknya jika pengunjung berjalan, maka bunga tersebut akan ikut berpencar. Kupu-kupu akan berkumpul di tempat yang terdapat banyak bunga, dan buaya-buaya akan mati apabila terlalu sering diinjak.

Sementara itu, Sliding through the Fruit Field adalah tempat meluncur di mana buah-buahan bertumbuh. Berbagai jenis buah tumbuh di permukaan miring ini. Bola-bola juga memantul ke sana kemari. Pengunjung bertindak sebagai sinar matahari, dan meluncur menuruni lereng ini. Ketika tubuh pengunjung bertabrakan dengan bola-bola, energi sinar matahari tertransfer ke bola-bola tersebut, sehingga akan terpental ke berbagai arah. Ketika bola-bola bertabrakan dengan buah, buah akan mulai bertumbuh.

Untuk memberikan pengalaman yang optimal bagi pengunjung, teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives memiliki batas maksimum pengunjung untuk setiap sesinya. Masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta sudah bisa membeli tiketnya untuk mengamankan tempat sesuai dengan waktu yang diinginkan mellaui website dan ticket booth di Gandaria City imulai 20 Juni 2019.