Di Jawa Barat ada sebuah kabupaten bernama Indramayu. Kabupaten ini adalah salah satu daerah yang terkenal dengan kelezatan dan mangganya. Jika Anda penasaran dengan makanan khas dari kabupaten ini, Anda bisa datang langsung ke Indramayu. Di sana Anda bisa mencicipi makanan khusus Indramayu secara langsung karena makanan khas biasanya akan dijual di banyak tempat, terutama di pusat kabupaten.

Pindang gombyang manyung adalah makanan khas Indramayu pertama yang harus Anda cicipi. Masakan ini sangat mirip dengan kari karena memiliki saus kuning yang lezat. Makanan ini dibuat dari kepala ikan atau bahkan ikan utuh. Anda penasaran dengan rasanya maka Anda bisa datang ke Indramayu untuk menikmati kelezatannya. Jamu yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah jamu khas seperti kunyit, lengkuas, jahe dan rempah-rempah Indonesia lainnya. Makanan ini juga semakin segar karena diberi tambahan belimbing.

  • Nasi ketan

Makanan khas kedua Kabupaten Indramayu adalah ketan. Makanan yang satu ini sangat terkenal karena memiliki rasa yang lezat dan juga memiliki presentasi yang menggoda. Nasi ini terbuat dari nasi, tetapi akan ada lauk tambahan yang membuat makanan ini unik dan menarik. Dalam satu porsi ketan, Anda akan menemukan nasi dengan tahu goreng, tempe goreng, sayuran yang terdiri dari kecambah, mentimun, daun bawang, daun bawang, dan lainnya. Makanan ini kemudian disiram dengan bumbu pecel atau bahan salad sehingga rasanya akan lebih gurih dan manis. Di atas nasi ketan akan diberi taburan bawang goreng yang sangat enak.

Apa Saja Makanan Khas Indramayu?

  • Burbacek Indramayu

Burbacek juga merupakan makanan indramayu yang lezat. Bubacek singkatan bubur Cumbek rumbah yang disatukan dalam satu wadah. Makanan ini sangat istimewa karena hanya dapat ditemukan di Indramayu. Anda mungkin bertanya-tanya tentang apa itu checker, dengan kata lain cecek berarti kerikil sapi. Makanan ini dimasak dengan kelapa parut dan kemudian diberi bumbu merah dengan rasa asam, pedas, rumah uang segar dan juga tokek yang sangat lezat. Makanan ini akan sangat lezat jika dinikmati di siang hari sambil menikmati semilir angin indramayu.

  • Blengep

Blengep adalah makanan khas dari Indramayu yang terbuat dari singkong yang kemudian diolah sedemikian rupa. Makanan ini biasanya akan dijadikan makanan ringan oleh orang-orang di sana. Singkong yang sudah matang kemudian akan diberi taburan kelapa yang sudah dipanggang atau digoreng. Rasa makanan ini sangat unik dan rasanya juga enak.

  • Dodol Indramayu

Indramayu rupanya juga memiliki makanan ringan berupa dodol indramayu. Dodol biasanya terkenal dari garut, tetapi dodol dari indramayu tidak kalah menggoda dengan yang lain. Makanan ini sangat lezat dan Anda dapat menemukan dodol dalam dua jenis. Jenis pertama adalah dodol yang keluar dan juga gula merah dodol. Dodol berwarna adalah jenis dodol basah yang terbuat dari tepung beras yang ditambahkan dengan gula merah. Dodok juga memiliki taburan santan yang digumpal sehingga mudah dibedakan dari gula merah. Bahan dasar gula merah Dodol adalah gula merah sehingga sangat manis. Demikianlah ulasan tentang makanan khas indramayu semoga bermanfaat.