Menu untuk Bayi Usia 6 Bulan

  • BeritaOnline
  • Aug 05, 2021
bubur bayi 6 bulan

Pada saat si Kecil memasuki usia 6 bulan, maka ia membutuhkan kalori lebih banyak dari sekedar asupan nutrisi yang telah ia dapatkan melalui ASI eksklusif dari Ibu. Lalu pada usia inilah Ibu juga bisa memperkenalkan makanan padat pertama pada si Kecil. Dan saya sarankan yakni dari Tim Ahli Nutriclub akan berbagi dengan Ibu yakni seputar berbagai menu dan resep bubur bayi usia 6 bulan atau mpasi untuk bayi yang berusia 6 dan 7 bulan.

Memberi makan bukanlah sekedar mengisi perut si Kecil saja dengan makanan bergizi, akan tetapi juga memberikan pendidikan tentang interaksi yang sangat menyenangkan, stimulasi terhadap indera pengecap, lalu melatih motorik halus atau menggerakkan tangan dan mengarahkan ke mulut yang memerlukan koordinasi yang baik antara tangan, mata, dan tentu saja, otak, mengunyah dan juga disiplin. Berikut ini ada resep bubur yang bisa Ibu masak sendiri di rumah untuk atau sebagai altenatif pilihan makanan padat pendamping ASI atau MPASI yang sehat untuk bayi 6 dan 7 bulan:

Resep Mudah Bubur Bayi 6 Bulan

Resep Puree Ubi Kuning

Untuk 2 porsi (sarapan dan makan siang)

Kalori yang diberikan per porsi sebesar 80 kalori

Bahan-bahan yang di gunakan:

  • 50 gr ubi kuning, kemudian kupas, lalu cuci, potong dadu kecil-kecil agar mudah di konsumsi si kecil
  • Kemudian 150 ml ASI/PASI

Cara untuk Membuatnya:

  • Pertama Kukus ubi kuning di dalam dandang panas hingga melunak jika sudah Angkat.
  • Kemudian haluskan ubi bersama 100 ml air bekas mengukusnya tadi.
  • Lalu bisa tambahkan ASI/PASI. Kemudian aduk hingga tercampur rata. Tuang ke dalam mangkuk kecil untuk siap santap.
  • Kemudian sajikan hangat ke si kecil

Manfaat dari ubi kuning untuk si Kecil yakni sebagai sumber vitamin B, karbohidrat, vitamin D, vitamin E, dan beta karoten. Ubi jalar juga ada yang berwarna putih dan juga ungu. Akan tetapi ubi jalar kuning umumnya lebih lembut dan manis jika dibandingkan jenis ubi jalar lainnya.