Standarisasi dalam dunia industri ini berguna untuk menjamin kualitas produk agar bisa sesuai dan menjaga kualitas untuk konsumen. Bayangkan jika tidak ada standarisasi pada suatu industri, tentu saja perusahaan bisa dengan asal-asalan membuat produk mereka tanpa mementingkan kualitas keamanan, kenyamanan. Begitu juga pada pipa air yang memiliki standarisasi sendiri yang berlaku. Berikut dibawah ini adalah beberapa standarisasi jenis pipa air PVC Yang berlaku.

Standarisasi Pipa Air PVC

1. Standar Nasional Indonesia

Yang pertama tentu saja adalah Standar Nasional Indonesia atau SNI. Standarisasi ini dikeluarkan oleh Ototritas Panitia Teknis di mana ini ditetapkan oleh BSN atau Badan Standarisasi Nasional. Dengan begitu SNI ini kan merupakan standar Nasional, maka oleh sebab itu standarisasi ini berlaku bagi semua wilayah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

2. Japanese Industrial Standards

Selain ada SNI, ada juga standarisasi pipa air PVC yaitu JIS yang merupakan standarisasi kegiatan industri di Jepang. Komite Standar Industri Jepang lah yang mengatur dan mengkoordinasi standarisasi ini yang kemudian dirilis oleh JSA atau Japanese Industrial Standards Association. Sebagai negara industri tentu saja Jepang membutuhkan sstandarisasi sendiri untuk menjaga kualitas hasil industri mereka.

3. British Standards

Standarisasi Pipa air PVC berikutnya adalah BS atau British Standard yang dikeluarkan oleh BSI atau British Standard Institution. Standarisasi pipa air PVC ini sudah ada sejak tahun 1901 dan juga dibuat berdasarkan sistem kualitas, keamanan dan juga keselamatan. Standarisasi ini berlaku untuk semua produk barang industri yang ada dibawah kerajaan Inggris dan juga negara persemakmurannya.

American Society for Testing and Material

Yang terakhir adalah ASTM atau American Society for Testing and Material yang ditetapkan oleh ilmuawan Amerika Serikat sekitar tahun 1898. Pada awalnya mereka hanya membuat standarisasi untuk rel kereta api karena saat itu industri perkeretaapian sedang mengalami perkembangan yang pesat. Namun saat ini ASTM ini juga mengatur standarisasi untuk pipa air PVC yang menjadi standarisasi paling tua di dunia.