Sudah Amankah Air Minum yang Kamu Konsumsi? Cek Disini!

  • 3 min read
  • May 29, 2021
Air Minum

Manfaat minum air putih bukan hanya untuk menghilangkan rasa haus. Akan tetapi juga ada berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya seperti mencegah dehidrasi, memelihara kesehatan kulit dan juga dipercaya dapat menurunkan berat badan [1].

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, tubuh disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Untuk wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak yaitu 2,5 liter per hari dan untuk wanita menyusui sebanyak 3 liter per hari [1].

Air yang akan kita minum juga sangat penting untuk diperhatikan. Air yang bersih dan sehat akan sangat mempengaruhi secara langsung kesehatan dari tubuh kita. Oleh karena itu perlu bagi kita untuk mengenali ciri air minum yang baik agar terhindar dari masalah kesehatan akibat salah memilih air yang akan dikonsumsi.

Ada tiga syarat agar air minum dikatakan layak untuk dikonsumsi yaitu:

  1. Secara fisik air tersebut sudah dapat dikenali oleh pancaindra manusia. Air minum yang baik dan sehat haruslah bening atau jernih, pastinya tidak berbau, dan tidak berasa cenderung tawar [2].
  2. Adapun syarat kimiawi berkaitan dengan derajat keasaman, kandungan mineral dan bahan-bahan kimia lain di dalam air minum tersebut. Air yang baik untuk diminum harus memiliki pH yang netral, yaitu sekitar 7 dan mengandung cukup yodium.
  3. Syarat terakhir adalah secara mikrobiologi. Karena air tersebut akan digunakan untuk minum, air harus bebas dari segala macam kuman atau bakteri penyebab penyakit. Ada atau tidaknya kuman di dalam air minum tidak bisa dikenali dari ciri fisiknya dan hanya bisa diketahui melalui uji laboratorium.

Zaman sekarang banyak orang yang lebih memilih air minum kemasan karena dianggap berkualitas dan juga praktis. Padahal, tak semua air minum kemasan memiliki jaminan kualitas yang baik. Oleh karena itu, sebelum membeli air minum dalam kemasan, cek dahulu lima hal berikut untuk memastikan keamanan dan kemurnian air minum tersebut.

  • Cek sumber airnya

Sumber air menjadi poin yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan saat memilih air minum dalam kemasan. Dr. Joseph Mercola, anggota American College Nutrition, menyatakan bahwa mata air pegunungan merupakan sumber air yang ideal dan baik untuk diminum. Pasalnya, mata air pegunungan menjadi salah satu air tersehat dengan berbagai kandungan alami di dalamnya. Selain itu, pH air yang diambil dari sumber alami juga seimbang dan tepat bagi tubuh, tidak terlalu asam atau basa [3].

  • Cek kandungan mineralnya

Air mineral menjadi pilihan sumber terbaik karena jenis air ini mengandung berbagai mineral alami yang diperlukan tubuh. Untuk itu, sebaiknya pilih produk yang dalam label kemasannya menyertakan keterangan “air mineral” [3].

  • Cek warna airnya

Sudah pasti air minum yang baik adalah air yang tidak berwarna atau jernih.  Hindari air kemasan yang didalamnya sudah berwarna kecoklatan. [3].

  • Cek bau dan rasa airnya

Air yang sehat adalah air yang rasanya tawar saat diminum tanpa ada rasa-rasa aneh lainnya dan yang tidak memiliki bau apa pun. Biasanya alkali dan tingkat keasamanlah yang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi rasa air. Untuk itu, pilihlah air kemasan yang memiliki tingkat pH ideal antara 6,5 sampai 7,5 [3].

  • Cek kemasannya

Poin penting yang pastinya tidak boleh diabaikan saat membeli air minum kemasan adalah memeriksa kemasannya. Kemasan menjadi salah satu tKamu penting bahwa produk yang Kamu beli masih terjamin keasliannya. Jamin kemurnian air minum dalam kemasan dengan mencocokkan kode produksi di tutup dan badan botol serta perhatikan pula tanggal kadaluarsanya [3].

Jika Kamu masih ragu dalam memilih air minum kemasan yang akan dikonsumsi, Kamu cukup memilih VIT karena VIT merupakan air minum kemasan yang baik, berkualitas, dan telah melalui uji fisika, kimia dan mikrobiologi , pengemasannya menggunakan teknologi, dan juga disertai pengawasan mutu yang ketat. Percayakan sumber cairan tubuh Kamu hanya dengan VIT!

Source:

  1. https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3394465/kenali-ciri-ciri-air-minum-yang-layak-konsumsi
  3. https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/memilih-air-minum-dalam-kemasan/
  4. https://www.minumvit.co.id/aboutus/