Tips Memilih Matras Yoga dari SehatQ

  • 2 min read
  • Jun 26, 2021
Matras Yoga

Katika akan memulai berlatih yoga, pastinya hal pertama yang harus kamu siapkan yaitu matras yoga. Kamu bisa memilih merek olahraga ternama, misalnya seperti Nike, Adidas, Reebok, dan Lululemon yang telah memproduksi matras yoga terbaik mereka. Apalagi sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan hanya harga yang terjangkau.

Bagi kamu yang pemula pasti bingung ketika menentukan matras mana yang akan dibeli. Maka dari itu, kali ini saya akan memperkenalkan cara memilih matras yoga untuk pemula dan juga akan memberikan rekomendasi serta review produk terbaik. Kamu juga bisa lihat artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman untuk kamu gunakan.

Cara memilih matras yoga untuk pemula

Setiap orang pasti mempunyai preferensi dalam menentukan jenis yoga dan tempat melakukannya. Sehingga tidak heran, banyak pertimbangan dalam memilih matras yoga juga berbeda-beda. Untuk itu saya akan mengulas beberapa poin yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli matras yoga. Simak baik-baik ya!

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan postur tubuh dan penggunaan kamu

Matras yoga memiliki ukuran umum adalah 170 cm x 60 cm. Sehingga kamu bisa menjadikan ukuran ini sebagai acuan sembari membayangkan postur tubuh kamu. Tidak lupa, kamu juga perlu mempertimbangkan waktu penggunaan matras yang telah kamu pilih.

Apabila kamu ingin matras yang mudah dibawa ke studio yoga, maka kamu pilihll matras berukuran compact serta mudah dilipat. Namun jika kamu berbadan besar atau ingin melakukan yoga dinamis dengan gerakan intens, maka pilihlah matras berukuran lebih besar. Dan akhir-akhir ini bahkan banyak perusahaan yang memproduksi matras yoga dengan ukuran 180 cm ke atas telah meningkat untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Pilihlah ketebalan dan berat sesuai penggunaan

Ketika memilih ketebalan matras yoga, maka kamu harus memperhatikan pemakaiannya. Saat ini, saya juga akan memperkenalkan ketebalan optimum matras yoga yang sesuai dengan penggunaannya.

Ketebalan matras dengan tebal 6 mm ataupun lebih bisa digunakan untuk yoga statis

Untuk melakukan yoga statis, matras yoga yang cocok digunakan ialah Matras yang mempunyai bantalan cukup tinggi. Dengan demikian kamu tidak akan terlalu merasakan keras ataupun dinginnya lantai. Kamu juga bisa pilih produk yang punya ketebalan lebih dari 6 mm. Dengan produk seperti ini akan lebih nyaman ketika digunakan untuk pose tidur ataupun pose berlutut di atas lantai.

Jika dalam penggunaan khusus misalnya di dalam rumah, maka kamu bisa memilih matras dengan ketebalan 10 mm atau bahkan lebih. Akan tetapi, matras yoga setebal ini akan sulit untuk disimpan ataupun dibawa keluar karena sulit untuk dilipat. Walaupun begitu, produk ini juga sangat sesuai untuk kamu yang memperhatikan kesehatan lutut dan juga siku atau tidak ingin terluka karena gesekan dengan lantai.

Dengan melakukan yoga statis dan yoga dinamis yang merupakan sama-sama membutuhkan kestabilan dalam gerakannya. Maka dari itu, kamu harus pastikan berat matras yang kamu pilih tidak menyulitkan ketika digunakan.

Saat ini kegiatan olahraga yoga sudah banyak yang menyukai apalagi di situasi seperti sekarang ini yang semuanya serba tidak pasti ini, karena dampak dari pandemi virus covid 19 yang masih menyebar ke seluruh Indonesia bahkan dunia, jadi Olahraga yoga ini cocok dilakukan saat berada dirumah.