Dalam menjalankan bisnis, kios adalah salah satu tempat alternatif yang dapat Anda gunakan untuk menjajakan produk atau menawarkan produk Anda sendiri kepada pelanggan potensial. Namun, dalam memilih lokasi yang tepat atau jenis kios tidak boleh sembarangan.

Karena memilih pilihan yang salah maka apa yang akan terjadi malah kios itu akan kosong dari pengunjung dan Anda bahkan kehilangan. Karena itu, Anda perlu memasang strategi yang tepat sebelum memutuskan Tempat Usaha Disewakan┬ámana yang akan Anda gunakan dan jangan hanya memilih kios dengan harga sewa “murah” saja.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips tentang penyewaan kios yang dapat Anda coba terapkan untuk menghindari diri sendiri atau setidaknya meminimalkan penggunaan kerugian pada bisnis kios disewakan milik Anda ini.

Tentukan Lokasi Kios

Hal pertama yang harus Anda lawan adalah lokasi kios yang ingin Anda sewa, atau Anda ingin membeli modal yang Anda miliki. Dalam menentukan lokasi kios, beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam hal bisnis meliputi:

  • Prospek pasar / pelanggan potensial di daerah sekitarnya
  • Jarak antara kios dan lokasi produksi
  • Jarak antara kios dan pemasok atau distributor tempat Anda mengambil barang.
  • Kemudahan akses dari sudut pandang pelanggan.

Tetapkan Anggaran Sewa Kios

Selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan anggaran yang akan Anda alokasikan untuk sewa kios, dilihat dari berbagai faktor sebagai berikut:

  • Berapa omset bulanan Anda atau taksiran penghasilan setiap bulan,
  • Beberapa biaya operasional sebelum membeli kios
  • Berapa taksiran anggaran operasional bisnis Anda.
  • Beberapa efek dari penambahan kios ini ke BEP (Break Even Point) bisnis Anda.

Beli atau Sewa Kios?

Jika Anda baru memulai atau menjalankan bisnis yang sudah berjalan sangat baik dan memiliki modal cukup, Anda dapat memutuskan apakah perlu membeli atau membeli kios.

Apa Saja Keuntungan Ketika Kios Disewakan?

  • Beberapa keuntungan membeli Anda memutuskan untuk membeli kios meliputi:
  • Kios akan menjadi aset Anda.
  • Tidak perlu untuk menyewa kios bulanan atau tahunan tambahan,
  • Anda akan lebih fleksibel dalam hal renovasi dan manajemen kios,
  • Jika harga properti di lokasi kios yang Anda beli melonjak, Anda dapat menjualnya dengan harga yang menguntungkan.

Kios Legalitas

Kiat selanjutnya adalah mengatur bahwa kios yang ingin Anda sewa atau beli memiliki legalitas yang baik dan dokumen yang lengkap, terutama dalam hal sertifikat SHM (sertifikat Hak Milik) dan Sertifikat HGB. Anda juga harus memastikan lokasi di kios ini memiliki izin untuk mengatur, karena beberapa lokasi tidak mengizinkannya.

Fasilitas kios

Juga mengenai kondisi dan fasilitas kios, mulai dari kondisi fisik kios yang akan menentukan biaya renovasi besar yang akan Anda keluarkan, kondisi udara dan pipa ledeng, tenaga listrik, area parkir, dan sebagainya.

Lingkungan Kios

Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor di area lokasi kios, ini terutama terkait dengan keamanan lingkungan sekitarnya, dan juga mengontrol tempat yang Anda pilih untuk menghindari berbagai tanggung jawab ilegal atau “uang keamanan”.

Penyewaan Kios Lama

Kiat terakhir adalah menentukan berapa lama Anda akan menggunakan kios. Ada beberapa kios yang memungkinkan sewa bulanan, tetapi sebagian besar akan meminta masa sewa minimum 1 tahun hingga 2 tahun, jadi Anda setuju untuk memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan keuangan Anda.

Jadi itulah tips untuk sewa kios yang bisa disediakan di artikel kali ini, yang semoga Anda bisa membuat instruksi sebelum memilih kios yang akan Anda gunakan sebagai tempat usaha. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya.